Jumat, 21 Desember 2012

Cara/ Teknik Mengarsir Menggunakan Pensil



Mengarsir merupakan bagian terpenting dalam menggambar realistis. Arsiran yang bagus dapat memberikan berbagai texture dalam gambar. Di artikel ini saya akan menjelaskan teknik dasar mengarsir.


Selain pensil alat yang dibutuhkan pada saat mengarsir yaitu alat blendingnya (alat untuk meratakan/ mencampurkan arsiran) seperti torrtilon, blending stump, atau yang mudah di dapat seperti tissue, kapas, dan cotton bud. Alat alat nya bisa kalian lihat disni >>

Sebelum di blending
Sesudah di blending












Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pensilnya harus selalu runcing agar hasil arsirannya lembut dan merata. Karena kertas memiliki texture yang bergigi, jika mengarsir dengan pensil yang tumpul ujung pensil tidak akan menyentuh bagian terdalam dari kertas, hanya bisa menyentuh permukaan luarnya saja.



Nah, agar gambar terlihat realistis. Arah arsiran harus sesuai bentuk objek. Agar gambar yang dihasilkan tidak terlihat begitu flat. Seperti gambar dibawah ini.



Lalu ada beberapa teknik mengarsir yang biasa digunakan artis professional. 


Dari gambar di atas kita bisa melihat ada tiga macam cara mengarsir. Yang pertama itu arsiran biasa (hatching), lalu yang kedua yaitu arsiran dengan membentuk bulatan2 kecil (scribbling), biasanya cara mengarsir seperti scribling dilakukan untuk menghasilkan texture kulit, dan yang ketiga yaitu teknik crosshatching.

Scribling
Gambar di atas merupakan contoh lebih jelas teknik mengarsir dengan cara membuat bulatan bulatan kecil yang tidak beratusan.

crosshatching
Gambar di atas merupakan contoh jelas bagaimana membuat arsiran crosshatching.

Stippling
Masih ada satu lagi cara mengarsir yaitu Stippling, Ini adalah cara mengarsir dengan memberikan titik titik, dan untuk memberikan value warna yang berbeda yaitu bisa dengan merapatkan atau merenggangkan (jarang) pengisian titik nya.

Teknik ini memang jarang digunakan tapi familiar dikalangan seniman profesional. Karena teknik ini cukup susah dan membutuhkan waktu yang lama, dan ketelitian yang tinggi agar menghasilkan lukisan/gambar yang indah dengan menggunakan teknik ini.

Aliran seni lukisan yang menggunakan teknik arsiran Stippling ini disebut aliran Pointilism. Salah satu contoh seniman aliran Pointilism ini adalah "Vincent Van Gogh". Biografinya sangat menarik, simak di artikel ini >>


Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat.. ^^  :h:

9 komentar:

  1. info yg bagus, kebetulan saya baru belajar melukis pensil, masi banyak yg mau saya tanyakan. boleh minta emailnya ga ka ? :)
    Arvanda08@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh,
      arsy.dafa@ymail.com
      seneng bisa brbgi n bljar sma2 ^^

      Hapus
  2. wah nice post, thanks banget, jadi lebih tahu tentang teknik mengarsir yang baik. oh ya boleh nanya ga kak, kalo teknik mengarsir biar kelihatan lebih hidup dari sisi pencahayaan objek gimana ya, emm maksud saya gini, menentukan bagian mana yang di arsir biar telihat lebih hidup, jadi terlihat jelas lekukan2 objeknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tergantung bagaimana cara kita memainkan value pensil pada arsirannya, karena value pensil sangat berpengaruh untuk membentuk highlight(sisi terang) dan shadow(bayangan) pada gambar.

      baca disini :)
      http://karisma-seni.blogspot.com/2013/07/value-pensil-value-adalah_5.html

      Hapus
  3. nice post gan :)
    mampir ya ke blog ane. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh :)
      tengkyu ya udh mampir...

      Hapus
  4. nama saya dr.rafi.Mpd.cukup bagus tips nya (h)

    BalasHapus
  5. thank's infonya y kk

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Admin

deviantart Facebook  Yahoo

Admin Path Qr Code

Admin Path Qr Code

Search

Memuat...

About Me

Foto Saya
Arsy Amalia
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Menurut saya Hidup itu indah layaknya sebuah karya seni. Saya menyukai dan tertarik pada apapun yang termasuk dalam bidang Seni. Saya pun hoby menggambar traditional maupun digital. Ayo kita share hal2 yang berkaitan dengan Seni di blog saya ini.. ^^
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Follow by Email