Instagram @arsy_ars

Jumat, 05 Juli 2013

Value Pensil, Value adalah?

Value dari pensil

Di atas terdapat contoh perbedaan warna kehitaman dari berbagai macam grade pensil dari 9H(tertipis) - 9B(tertebal). Gambar di atas menunjukan perbedaan Value Pensil.

Apa kalian tau apa itu value? "Value" dalam bahasa Indonesia berarti "nilai" atau "kadar". Dan Value Pensil disini berarti " Kadar gelap terang nya warna yang dihasilkan pensil". :h:

Jika kalian senang menggambar, value adalah hal terpenting yang harus kalian pelajari, karena value sangat berbengaruh pada kerealistikan gambar.

Lihat gambar di atas! nampak seperti kita melihat benda 3D kan? :c: Bukan sekedar melihat bentuk bulat tapi terlihat membentuk bola.

Sebenarnya dari satu macam grade pensil bisa menghasilkan bermacam value. Misalkan dari pensil 2B kita bisa mengatur penekanan pensilnya sehingga bisa mnghasilkan value yang tipis dan tebal. Jadi untuk apa ada berbagai macam grade pensil jika bisa menggunakan satu macam untuk membuat berbagai value?  Itu untuk memudahkan dan kita bisa memaksimalkan karya kita. Contohnya jika kita ingin membuat value yang tebal dengan cara menekan pensil begitu kencang pada kertas, itu hanya akan merusak bagian kertas dan jika dihapus akan meninggalkan jejak cekungan pada kertas. Betulkan? :h:

Nah begitulah penjelasan singkat tentang value pensil dari saya. Jangan bosen buat terus belajar ya... :h: berikut ini ada tips tips untuk pemula.. cekidot>>


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instagram

Instagram

About Me

Foto Saya
Arsy Amalia
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Menurut saya Hidup itu indah layaknya sebuah karya seni. Saya menyukai dan tertarik pada apapun yang termasuk dalam bidang Seni. Saya pun hoby menggambar traditional maupun digital. Ayo kita share hal2 yang berkaitan dengan Seni di blog saya ini.. ^^
Lihat profil lengkapku

Pengikut